Monday, October 10, 2016

#MrsFatmoko Cerita BolangBareng ke SG!

Seminggu setelah menikah dan setelah udah pindahan ke Cilebut, akhirnya kita jalan-jalan! Kenapa harus seminggu setelahnya, kenapa nggak langsung aja? Yaaa karena ini aku bikin sebagai hadiah ultah Indra yang ke-25! Ciye. Jadi ultahnya kan tanggal 24, kita berangkat tanggal 25-26. Cuti sehari, dan liburan ini jadi cuma semalem doang. Met ultah Indrak!

Kenapa ke Singapore? Yay karena kita emang belom pernah kesana, dan emang pengen banget jalan-jalan bareng. Aku udah mikir sih, ini bukan honeymoon yang pure cuman leyeh-leyeh doang, pasti bakal capek jalan kemana-mana. Tapi itu emang konsepnya, ini jalan-jalan bolang pertama kita berdua di negeri orang.

Dan bener dong, apa yang kita alami selama dua hari itu totalitas jalan-jalan bro sampe pegel mati rasa kakinya pas bobok. Langsung merasa bukan honeymoon, udah sebut aja ini jalan-jalan bolang, sih! Hah.

Singkatnya, perburuan tiket udah terjadi beberapa bulan sebelomnya. Aku paksain! Aku pake lah tabungan, langsung buat tiket + hotel! Urusan biaya hidup kita pikir belakangan. Aku pesen tiket Airasia pulang pergi, enaknya ya ada fasilitas Web Check-in sehingga masuk boarding lebih gampang aja, toh kita nggak pake nitip bagasi juga. Berangkat Minggu penerbangan pagi jam 7 dari CGK, pulang Senin malam jam 9 dari SIN. Begitu juga sama hotelnya, aku pesan via Traveloka, setelah lama browsing dan galau mau ala-ala backpaker yang super ngirit atau boleh lah ala turis kan cuma semalem. Aku akhirnya pilih Hotel NuVe di area Kampong Glam yang deket banget ituloh sama Masjid Sultan.

Jauh-jauh hari juga aku udah rancang itinerary. Maklum ini pertama kalinya juga buat kedua dari kami pergi ke SG. Telat? Emang hahaha. Di rencana awalku, aku udah kepengen banget ke USS di hari keduanya, tapi kantong berkata lain, udah abis tabungan buat persiapan kontrakan wkwkw. Akhirnya kita udah memutuskan untuk lebih fleksibel aja lah di perjalanan kali ini. Masih capek juga efek nikahan dan langsung lanjut kerja dan ini lngsung jalan-jalan dan keingetan minggu depan masih harus jalan lagi ke Madiun.

#Minggu, 25/09
Karena flight pagi, aku sama Indra nginep malemnya di rumahku di Depok karena paginya minta dianterin ke CGK hehe. Karena udah web check-in, tinggal ceki-ceki imigrasi langsung ke boarding. Cepet dan mulus, masih dapet banyak waktu sampe akhirnya sarapan tsantik dulu di Starbucks.

Setelah naik pesawat, langsung berfikir cepat, ini sarapan nggak ada gregetnya, nanti kalau mau makan di SG buang waktu kalau harus nyari dulu. Langsung bujuk rayu Indra buat pesen makanan di pesawat aja biar setelah landing udah kenyang & siap untuk berpetualang. Karena nggak pesen dari awal, kita cuma kebagian menu yang sisa aja, aku pesen nasi ayam, indra nasi lemak.

Yey kenyang! Yey nyampe SG! Botol kosong yang udah kita siapin langsung kita isiin air minum keran gratis di airport. Sekilas aja sambil liat-liat airportnya dan nyomot SG maps gratisan, kita nyari Train to City! Karena kita nyampe di Terminal 1, kita harus ke terminal 2 untuk menuju stasiun MRT-nya Changi. Beli EzLink dan langsung topup 10 SGD sesuai yang udah kita perkirakan akan cukup untuk 2 hari kita disini.

01 Helpful Guidebook

Stasiun tujuan pertama kita adalah Bugis, karena jam sudah menujukan pukul 10.30, kira-kira pas nyampe bugis dan jalan-jalan dikit jam 12 kita udah bisa minta check in di hotelnya hehe.

Sampe di Bugis, langsung nyari jalan keluar dari stasiun undergroundnya. Terpana, kayak banyak muka-muka Indonesia bahasanya Jawa kek lagi nongky-nongky di Bugis (aku sempet baca sih kalo hari Minggu para TKI gitu sukanya kongkow keluar). Aku langsung pingin liat Bugis+ karena fasadnya sempet jadi referensiku saat tugas akhir. Setelah itu jalan aja nyari arah ke hotel. Sebelumnya aku juga agendakan untuk nyari ParkRoyal daerah situ, eh ternyata bukan ParkRoyal yang itu yang mau kukunjungi, untuk deket jadi kayak nggak ngeluh kecapean :p

02 Bugis+ Iluma

03 Inside Ken Yeang's National Library

Daerah hotel deket banget emang sama Masjid Sultan, jadi kayaknya gampang deh nyarinya. Selain gampang nyarinya, ini Singapur keknya emang negara kecil banget, yang di peta takut keliatan jauh ternyata ya deket aja sih kenyataannya.

04 Masjid Sultan

05 Lokasi Hotel NuVe yang jendela biru

Dan sampe uga ke hotel NuVe! Ih seneng deh dapet hotel ini!! Untuk ukuran area Kampung Glam, tarif NuVe emang rada tinggi, tapi karena traveloka mayan lah diskonnya. Check in biasanya jam 2, tapi pas banget jam 12 kita udah nyampe dan bisa check-in. Saat check in kita dimintain deposit 100 SGD langsung cengo, eh buset uang jajan kita doang itu segitu mah. Mewek sambil muka bingung, diminta credit card juga gak punya kan, terus yaudah kasih kartu debit aja lah katanya cuman dicatet nomor kartunya doang, jadi lega deh..

Masuk kamar pun seneng, kamarnya kecil tapi compact & menurutku lengkap untuk harga segitu. Bisa refill air minum juga disediain di lorong. Dikasih complimentary snack di meja resepsionis. Shower mandinya model Rain Shower tanam di ceiling gitu segerrr. Dan yang lebih bikin aku kaget sih, ternyata kita juga dipinjemin Smartphone! Smartphone Handy namanya, bisa dipake internetan! Untung aja pas di airport kita gak rengek-rengek langsung mau beli paket data sekedar buat liat Google Maps. Katanya Handy juga bisa dipake untuk telpon lokal maupun interlokal gratis, tapi kita gak sempet nyobain. Yang penting buat kita udah syukur bisa buka Google Maps gitu..

06 Ini yang namanya Handy!

Rute pertama adalah Haji Lane! At first aku pikir Haji Lane semenakjubkan yang aku bayangin, lah biasa aja terus wkwkw. Gang toko-toko gitu yah lucu sih, cuman aku pikir penuh mural, ternyata hanya di bagian ujungnya aja. Lanjut penasaran ParkRoyal yang pingin aku liat ternyata di daerah Pickering. Diliat kalo jalan kaki masih bearable, sambil liat jalan-jalan sekitar ngelewatin National Library designya Ken Yeang, lewat juga checkpoint ke Supreme Court, eh nyampe deh ke daerah Pickering.

Usai poto-poto baru nyadar itu juga daerah Chinatown, tapi apa karena masih siang masih pada tutup ya? Jadi malah terasa sepi, akhirnya lanjut deh perjalanannya nyari Merlion! Di jalan Indra lihat eskrim potong, tapi gegara yang pakai roti abis aku bilang belinya nanti aja paling banyak yang jual lagi.. Sampe akhirnya tiba kita di area Merlion yang suwernya sih itu rame banget ya hari Minggunya.

Singapur ini terlalu kental beda etnisnya dari orang lokal sampe turisnya, aku bisa lihat terlalu banyak orang di Merlion. Poto-poto bentar aja, karena masih mau jalan lewat Esplanade dan tentunya Marina Bay Sands. Aneh banget sunset jam 6.30 malem, jadi kita juga udah keburu laper, langsung search McDonalds terdekat via (helpful) Handy.

Melipir sedikit ke Marina Square, nyari McD ngga ketemu sampe nanya petugas eh ternyata padahal pas kita jalan itu kita lewat! Hahaha laper apa bengong sampe nggak nyadar. Tapi McD disini nggak heboh sih ya, jadinya juga kita bingung nggak terlalu mencolok tuh icon M-nya. Liat beberapa orang pake kerudung makan disini, dan memastikan ada logo Halal, langsung pesen yang keliatannya enak. Aku pesen ayam, indra pesen burger paket. Dibilang mahal ya bener, paling nggak 5 SGD ya 50rebu disini makan fastfood gini. Pengalaman pertama makan McD luar negeri yang halal (karena pas di Jepang kan nggak terjamin).

Terus kan liat desert ice-creamnya, mumpung halal ayo kita sikat nyoba-nyoba yang unik ga ada di Indonesia, yaitu ice cream apple + waffle cone. Enyaaaak.

Keluar-keluar dari makan McD dalem mall, tau-tau udah gelap. Yaeyalah tau-tau udah jam 8 malem brosis. Balik menuju MBS, jalanan ya emang masih rame aja orang lanjalan. Masuk MBS jalan-jalan di Mall, eh indra kepingin liat Gardens by the bay, aku bilang kakiku udah lelah somplak wkwkkw. Yaudah mumpung lah, moso gini mau ditunda udah sampe sini, pulangnya nanti naik kereta aja.

Pas sampe Gardens, kayak ada pertunjukan musikal yang ada permainan lightingnya, bingung nonton darimana, kita cari-cari spotnya aja. Menuju jam 9, musikal habis, orang-orang juga pada balik. Yaudah kita juga balik sambil aku bersyukur akhirnya pulang juga, ini kaki udah minta diganti Pak~

Niatnya wisata malamnya kan emang mau liat Chinatown + Clark Quay, tapi tapi sih udah lewat, terus kayaknya ngga bakal terlalu nyesel nggak kesitu malemnya hahaha takut ada orang skip sempet liat yg mabok kan lunglai serem gitu jalannya emang kayak orang mabok. Akhirnya balik ke hotel deh!

#Senin, 26/09
Paginya masih terasa capek, tapi mosok udah jauh-jauh kita gak maksimal sih jalannya. Memaksimalkan waktu check out, kita manfaatin pagi-pagi jalan-jalan dan balik lagi jam 12 biar bisa check out. Kan denger-denger deket situ ada makanan rekomendasi ya namanya Hajah Maemunah, itu ternyata cuma beda 1 gang sama gang hotelku, kita sarapan deh disitu. Emang sih kata orang murah, tapi aku masih deg-degan karena semi prasmanan ngitung harga belakangan, bakal abis berapa ya? Eh ternyata beneran murah! Berdua kayak kenyang gitu 7 SGD-an gitu satu bihun+telur, satunya nasi cumi sayur.

Siap jalan ke pemberhentian selajutnya, yaitu Orchard! Naik MRT Bugis ke Orchard, pas banget turunnya di ION kan ujung tuh ya, kita niatin jalan kaki dari ujung sampe ntar balik ke hotel. Usut punya usut, sebenernya kita ke Orchard juga mengemban misi nemenin Indra nyari toko tempat main Magic the Gathering karena katanya semalem baru aja ada semacem turnamen gitu, kemarin pun dia udah pingin banget minta kesini, tapi aku bilang udah terlalu capek jadinya hari ini musti diturutin nyari lokasinya.

Sambil jalan-jalan di Orchard liat kanan kiri kok ngiler pingin belanja. Sabar woy budget kaga cukup wkwkkw. Sebelum tokonya ketemu, kita sempet liat Singapore Tourist Information Center gitu, aku kan kepo ya soalnya katanya free wifi, jadi pingin kepo passwordnya biar bisa login Path :p eh ternyata di lantai 2 ada pameran gitu dan kita jadi dapet snack gratis lapis kue kue khas peranakan gitu deh. Mayan isi ganjel perut.

Setelahnya aku totalitas deh nganterin Indra nyari tempatnya. Ketemu 1, tapi masih tutup. Cari ada 1 lagi, buka tapi nggak ngadain eventnya tapi tetep ye betah laki itu muterin toko gamenya liat-liat dari mukanya sih kepengen berat beli ya bro?

Ngeliat jam bergerak menuju jam 11, wah buru-buru jalan balik menuju hotel beneran jalan kaki menurut Handy cukup waktunya sih tapi tetep gokil ye bro jalan cepet gitu. Sempet lewatin hotel inceran juga yang gagal masuk budget, jadi dadah-dadah aja sama Big Hotel.

Untung aja masih ada 15 menit sebelum jam check-out. Beres-beres, isi botol air minum lagi. Dan akhirnya check out sambil bilang seneng banget dapet komplimentary Handy! Setelah ditawarin titip ransel biar jalan-jalannya ngga perlu bawa ransel kita jalan-jalan lagi ke Bugis, aku mikirnya sih buat belanja oleh-oleh mau apaan ya? Bingung mau apa, eh kita malah makan siang ke McD lagi wkwkwk. Abis itu mikir pingin ke Orchard lagi. Sebab kita terlalu lelah pergi ke bawah tanah untuk naik MRT, kita pakai rute bis ke Orchardnya. Aku pingin minta ditemenin liat-liat HnM dkk kali ada diskon apa gitu belanja apa kek biar seperak dua perak keliatan kenang-kenangannya wkwkkw.

Sempet juga lihat dan megang iPhone 7 baru! Wew diliat-liat emang lebih murah kayaknya beli disini dibanding di Indonesia. Dan, indra masih penasaran liat toko yang tutup tadi, bali lagi kita kesana. Yaudah muter-muter Orchard kok juga nggak ada yang didapet ini capeknya 1000% dari kemaren karena ini udah keluar dari pagi gitu loh ya. Balik lagi deh ke Bugis naik bis, masih mikir mau beli apa. Eh di bugis indra liat iklan toko game, mau keliling 3x udah di cek tapi gak ada tempatnya aaaaa aku manyun udah capek betul masih mau mastiin tokonya, tapi udah keburu sore. Akhirnya toko tetep nggak ketemu dan katanya dia baru ngeh itu iklannya di gedung sebelah, aku bilang gamau nyarinya lagi huhu langsung cari supermarket aja pilih yang keliatan kayak oleh-oleh bayar langsung ambil tas dah caw ke bandara aja. Itu udah fase senggol bacox betulan capek kakinya hosh hosh.

Di Supermarket lagi-lagi juga bingung mau beli apaan, yaudah coklat cari coklat, dan kopi akhirnya yang dibeli Nescafe Ipoh White Coffee. Udah asal logonya halal dan gak ada di indonesia bungkus aja lah males mikir gitu.

Abis itu balik ambil tas di hotel, dan numpang solat jamak zuhur asar di Masjid Sultan. Udah cukup petang tapi belum Magrib, aku galau kereta atau bis. Kata GoogleMaps naik bis sampe 1 jam lebih, indra takut macet (yakali ada macet gitu gak sih di SG) tapi aku bilang capek jalan ke stasiun dan ga duduk selama naik kereta, yah bener aja jam pulang kantor juga di Weekday udah naik MRT dan ga kebagian duduk samsek.

Setelah sampai airport baru turun kereta aku udah minta duduk dulu. Ini cemen super jalan kakinya bikin aku gempor parah hahaha. Setelah menghimpun beberapa energi yang terkumpul, langsung ke terminal 1 dan memutuskan udah kita istirahat di bandara aja di tempat transit setelah imigrasi.

Ndilalah, di tempat transit kok banyak toko-toko yang menarik untuk disinggahi karena merasa belom belanja di SG masih ada beberapa dolar buat jajan wkwkw. Malah liat-liat lagi dari ujung ampe ujung (woy katanya gempor!). Solat juga bentaran jamakan Magrib Isya gitu di Prayer Room yang istilahnya sepi uga ye jamaah cewe ane doang, ya emang magrib juga udah lewat kayaknya sih.

Masih penasaran sama area bandara kita keliling ngeliat banyak tempat duduk, tempat pijet kaki Osim dan area internet gratis. Masuk banyak toko nggak ada yang sreg juga akhirnya nyerah duduk aja yok istirahat sampe boarding. Akhirnya sampe boarding dan masuk pesawat, sisa dolar Singapur kita pake buat makan malem (laper cyn..).

Tiba di CGK lagi jam 11 udah kayaknya, langsung pesen GrabCar. Sempet BT kenapa dia gamau pick up di terminal malah nyuruh ke parkiran, ya gitu lah dijelasin lagi ada konflik ketauan taksi onlen cem ini emang gaboleh masuk bandara gitu katanya. Bodoamat kusudah capek sampe hum akhirnya juga jam 12-an. Bobok deh sampe besok paginya langsung pada kerja lagi dengan badan masih pegel tentunya wkwkw.

Yay! Awesomeness super merasakan perjalanan bareng karena udah jadi pasutri. Pacaran halal. Ena, seru, meski di perjalanan jadi lebih gamblang perbedaan masing-masing, tapi aku enjoy, Indra juga enjoy karena sampe sekarang tiap ada show TV ato apapun tentang Singapur langsung merasa nostalgia ciee.

Masih banyak alasan untuk kembali jalan-jalan kesini, tapi simpen untuk waktu yang akan datang gatau kapan tapi kayaknya nggak jadi prioritas hehehe.

Total Damage berdua :
1.700K Tiket PP
770K Hotel NuVe
130 SGD Sangunya
Amannya 4 MIO berdua udah enak 2 hari kenyang mantab.

Ayo kapan BolangBareng lagi, Ndrak?

1 comment:

1. Mardi Gras Casino & Hotel - Mapyro
    Casino 강원도 출장마사지 at Mardi Gras 사천 출장안마 Casino & Hotel. 0 Fremont Street, Las Vegas, NV 89109. Get Directions · (702) 859-3100. Call Now · More 나주 출장샵 Info. 부산광역 출장마사지 Hours, Accepts 정읍 출장샵 Credit Cards, Wi-Fi, PokéStop