Monday, October 10, 2016

#MrsFatmoko Cerita 4 : Akad & Resepsi



Officialy husband & wife since September 17, 2016! Uyeay..
Akhirnya setelah banyak hal terlalui secara begitu sibuknya, aku memulai hari Sabtu sejak pukul 5 habis Subuh langsung caw ke gedung untuk rias. Karena rombongan yang didandanin masih siap-siap aku minta dianterin ngebut naik motor, karena katanya crew Chikal udah sampai di gedung. Aku juga langsung telepon ke Indra kasih tau Ibu & Adiknya untuk didandanin dulu. 

Sampai gedung langsung deg-degan sama dekornya sih. Sempet ngintip, di suasana yang masih hening kayak masih unbelievable ini adalah hari pernikahan aku, kayak beda dari apa yang udah aku briefing, tapi aku yakin sih mereka juga adjust sebaik mungkin dengan kondisi gedungnya. 

Di gedung aku sedihnya memang cuma ada 2 ruang rias. 1 jelas dipake pengantin, jadi sisanya cuma bisa di ruang 1-nya dan itu berarti kan harus campur cewek cowoknya ya. Aku gatau teknisnya gimana, tapi pas akad aku di ruang rias ya cuma sama MUA-ku aja sama orang sanggar Chikal yang urusin wardrobe. 

Pagi itu aku juga merasa sibuk si karena aku juga janjian sama MC & Fotografer adik angkatanku gitu. Jadi selama di rias aku juga masih rada sibuk mesej-an sama mereka untuk pantau mereka udah dimana. Aku pilih ibu Desitanti sebagai rekanan Chikal untuk MUA-nya. Untuk rias keluarga, penerima tamu & petugas buku tamu yang rias orang-orang dari sanggar Chikal. Aku emang sampe browsing sih waktu mau milih MUA, aku bingung tapi banyak yang rekomendasiin bu Desi terus ada instagramnya yaudah aku pingin coba. Sebelumnya aku juga udah line beliau nanya jadwal, karena aku itu juga udah sempet ngetag MUA lain takut-takut beliau malah nggak bisa kan nggak jadi minta ganti MUA.

Alkisah, ternyata crew rias ngga tau kalau akad itu jam 07.30 dilanjut resepsi langsung jam 10.00, langsung pada tergesa-gesa, dan aku diingetin berkali-kali habis akad jangan kebanyakan poto-poto langsung make up lagi buat resepsi hahahah.



#7.30 AKAD!
Jengjeng, setelah diingetin juga berkali-kali akad jangan sampe telat kalo bisa dimajuin aja acaranya biar penghulu gak telat acara selanjutnya. Super gerogi setelah jam 7. Make Up akad ini aku pilih adat Sunda meskipun aku maupun indra bukan orang Sunda, tapi aku terlalu kepingin didandanin pakai mahkota Siger! 

Acara akad berlangsung di masjid sebelah gedung. Ceritanya saat akad ini aku dipingit gitu, baru keluar setelah ijab qabul, nyatanya sih aku siap-siapnya ngumpet di belakang tempat solat cewek. Sebelum ijab aku udah disuruh keluar dari tempat rias ke masjid. Udah berkali-kali juga diingetin jalannya yang ayu gitu, tapi tetep petentengan buru-buru nggak anggun sama sekali kayaknya kalo orang liat. 

Beberapa temen aku liat aku masuk gedung, langsung pada 'kyaa-kyaa' gitu ekspresi apa ya kalo didefinisiin hahaha. Eh langsung pada nyamperin pengen poto. 

Detik-detik menjelang ijab qabul. 

Aku dengar Indra mengucap ijab qabul secara lantang kayak nggak pake gerogi, hoho.
Langsung aku disuruh keluar setelahnya.
Semuanya ngeliatin sih.

Hosh hosh hosh. Sebetulnya nggak gitu deg-degan. Tapi aku tau setelah ijab qabul semua itu berubah. Statusku. Sekarang istrinya.

Pas dateng langsung tanda tangan berkas, daaaaaan nggak liat juga kan berkasnya dan buku nikahnya. Tau-tau langsung adegan disuruh foto buku nikah. Tanpa liat berkas apapun lho. Semua yang hadir juga nggak nyadar. Ah sudahlah. Sejarahnya emang lucu ini foto buku nikahnya salah.

Secara innocent, juga langsung adegan foto selanjutnya, foto mahar, pasang cincin, cium tangan, cium kening. Entah, aku merasa semua berlalu emang begitu cepat saat itu. Setelah foto langsung adegan sungkeman. Ortuku, ortu indra, mbahku, mbah Indra, sampe Otousan Okaasanku juga kita sungkeman. Sesekali aku ngelirik Otousan Okaasan yang lagi dikasih penjelasan sama Mas Ipong. Syukurlaaah ada Mas Ipong yang mau jadi LO ala-ala gitu buat nemenin mereka.

Setelah sungkeman, foto keluarga gitu, itu juga terasa buru-buru. Sempet salaman sama para tamu undangan, tapi udah disamperin tim rias biar cepetan balik ke ruang rias. Dan sekarang udah bisa & boleh satu ruangan sama Indra, suami aku ciye.

Awalnya cuma kita berdua, eh ternyata rias bapak-bapak juga jadi diruanganku, kebayang sih ruang rias satunya penuh dan banyak ibu-ibu dirias juga. Ruang rias juga langsung jadi tempat studio mini gitu buat foto sebelum resepsi.

Akhirnya aku ganti baju resepsi, bajunya sih beludru hitam jawa, tapi aku nggak pake paes cuma model hijab nasional aja, aku cuma pingin pake baju beludru hitamnya aja. Pas fitting aku emang nggak tau model payet kayak apa karena terakhir fitting bajunya belum ada payet, maklum baju perdana resepsi tapi keburu-buru jadinya (perdana ini bonus dari Bu Sri hehe). 

Dirias juga buru-buru takut nggak nyandak ngejar jam 10 (itu udah jam 9 gitu). Terus foto-foto mini studio mempelai & juga keluarga. Itu kalo 2 keluarga, tim rias dan tim foto di satu ruangan juga keliatannya sempit banget hahah.













Akhirnya mendekati jam 10, hampir mulai kirab...




#10.00 RESEPSI!
Saatnya dipanggil oleh MC untuk persiapan kirab. Kaget aku mas sepupuku yang berdiri di depan. Ternyata cucuk lampahnya belom dateng! Gokil. Singkat diceritain, mas sepupuku dilatih kilat untuk nggantiin peran cucuk lampah. Tampangnya asem gitu sih, tapi tetep dijalanin meski tanpa joget tarian cucuk lampah, cuma sekedar pimpin barisan dari depan aja. Kasian, tapi jadi kayak kocak gitu. dah hal ini sampe dibahas oleh pihak keluargaku dan Pak Untung sebagai PIC, itu cucuk lampah datengnya telat sampe mas-ku yang harus gantiin perannya, kenapa sampe telat dan gimana pamrih-nya sepupuku itu mau dijadiin cucuk lampah pengganti.

Ohiya, untuk acaraku ini aku nggak pakai organ tunggal, aku pakai musik dari laptop. Sebenernya aku nggak pakai download lagunya satu-satu, ini nih aku mau bersyukur karena aku pakai Spotify! Hahahaha, ada nggak sejarahnya nyetel musik nikahan pake playlist dari Spotify? Karena aku lagi pake langganan premium yang promo 3 bulan goceng itu, aku jadi bisa bikin nikahanku punya background musik yang berkualitas (lah jadi malah promoin Spotify). Palylist aku susun buat acara pagi & siang. Ini kalai mau nyontek playlist tapi yang pagi aja ya: https://open.spotify.com/user/yastias/playlist/5yPDCUeXbAt4KIGFZGKFda



Playlist nikahanku rada jazz gitu biar asyik hehe



Entah deh, hari itu aku rasanya juga lewat aja gitu rangkaian acara, cepeeeeet gitu rasanya dari akad sampe kirab. Setelah kirab dan berdiri di pelaminan, lihat sekitar dan merhatiin tamu yang udah dateng.. Masih sepi gitu. Ya kira-kira jam 10 emang waktu kepagian ya untuk dateng kondangan, tapi daripada siang ntar kasian kena macet jahanam Sabtu di daerah Depok.

Setelah sambutan dan doa, langsung prosesi salaman-salaman. Nah darisitu deh kerasa panjang banget waktu berlalu. Mana kerasa laper ngiler gitu pingin cobain makanannya. Pas habis akad itu emang aku dibawain lontong cap gomeh ya, tapi aku kayak belom pengen makan gitu hehehe malah jadi laper ngiler cuman bisa minum aqua gelas aja kalo tamu yang salaman lagi sepi.

Menjelang jam 12, emang di undangan sih dikasih jeda untuk undangan sesi 1 dan sesi 2. Tapi ujungnya kita juga jadi harus memantau kapan sepinya ini yang salaman biar bisa turun panggung. Eh pas udah turun, tetep aja masih ada yang baru dateng jadinya aku salaman-salaman lagi, poto-poto lagi dan ngobrol-ngobrol dikit di bawah. 

Wuoy, aku pingin rehat sebentar wuoy. Hahaha, aku langsung undur diri deh itu udah lelah dan aku mau menghimpun energi dengan makan Cap Gomeh yang kutinggal dari pagi itu. Rencana rehat emang cuma 30 menit untuk ishoma, baru disambung acara sesi kedua. Tapi 30 menit juga berlalu begitu cepat. MC acara akad dan resepsi awal juga udah pamitan, akhirnya berganti MC kedua yaitu saudara dari keluarga aja. Setelah komplit di pelaminan, dilanjut deh acara pemberian selamat dari para tamu yang udah dateng dan mungkin udah makan sih sebelum kita balik ke pelaminan. 

Seharian itu aku cuma liat jam aja kerjaannya, bertanya-tanya kapan ini jam setengah 3? Hahaha, capek bener deh rasanya. Capek berdirinya, capek mesemnya sampe banyak banget kayaknya di foto aku tampil dengan default mukaku yang cemberut hahahaha.

Tamu di sesi kedua ini emang tamu warga sekitar gitu, degan asumsi tamu pertama dateng pagi kan jauh-jauh ngga kena macet, tamu siang kan warga pada deket-deket lah jadi ngga harus menjajal kemacetan yang jauh dan panjang gitu. Tapi jangan salah, ini sesi kedua padahal energi juga udah berkurang malah lebih rame dari tamu pagi..

Dan akhirnya tiba jam setengah 3! Udah sepi juga yang dateng, aku langsung kodein ayah minta turun panggung. Pegel bok T___T Setelahnya aku sama indra langsung ke meja VIP buat makan nyicipin. Indra makan zuppasoup, sampe 2 porsi! Aku nyoba-nyobain makanan aja, tapi udah dasar laper juga jadi yang lewat ke perut dibilang enak. Meski merasa blm makan banyak tapi aku merasa baju makin sempit, jadi makannya nggak banyak-banyak deh. Pas kita makan, dekor juga udah mulai dibongkar. Whuahuahua, akhirnya selesai acara resepsi di gedung.










Overall aku bahagia di hari pernikahanku. Aku seneng semua orang dateng mau doain, jadi ajang reuni dan ngumpul bareng. Terimakasih untuk semua pihak yang udah membantu acaraku =)

Catering : Chikal Primarasa
Dekorasi : Chikal Primarasa
Wardrobe : Sanggar Chikal
Rias Pengantin : Ibu Desitanti
MC : Pak Kecik
Dokumentasi : Tim Republik Gambar, Miftah & Fathul





*dokumentasi yang ada di blog ini semua dari Miftah, ini perks of having secondary photographer karena hasil jadi lebih cepet dibanding dari vendoro rekanan, jadi saranku kalau mau ngeksis nggak perlu nunggu foto dari vendor, tambahin juga kang foto pribadi di acaramu hehe.. 


Ini untuk hasil rias, hijab & wardrobe beludru hitam jawanya





Akhirnya rangkaian postinganku tentang nikahan beres juga. 
Ini link untuk simak cerita sebelumnya :






No comments:

Post a Comment